Berat badan lahir rendah idai pdf

Socioeconomic factors maternal education, family income and a number of family members did not have a significant relationship with the incidence of stunting. Pembentukan antibodi spesifik terhadap antigen tertentu masih kurang.

Gambaran klinis yang dapat dijadikan acuan bahwa bayi prematur dapat mulai diberikan asupan nutrisi oral yaitu jika didapatkan: Sindrom aspirasi mekonium 2.

Dengan demikian bayi preterm mempunyai peningkatan potensi terhadap hipoglikemia, rikets dan anemia. Dalam kondisi seperti ini diperlukan pembersihan jalan napas segera setelah lahir aspirasi lendirdibaringkan pada posisi miring, merangsang pernapasan dengan menepuk atau menjentik tumit.

Uji serologi pasca imunisasi hanya dilakukan pada populasi risiko tinggi, yaitu bulan sesudah imunisasi yang ketiga. Selain itu bayi BBLR tidak dapat beradaptasi dengan asfiksia yang terjadi selama proses kelahiran sehingga dapat lahir dengan asfiksia perinatal.

Komposisi ASI bayi prematur akan berubah menjadi serupa ASI bayi matur dalam waktu minggu, namun pada saat itu masa kehamilan bayi juga sudah cukup bulan sehingga ASI-nya sesuai dengan kebutuhannya. Cara pemberian makanan bayi BBLR harus diikuti tindakan pencegahan khusus untuk mencegah terjadinya regurgitasi dan masuknya udara dalam usus.

Ginjal masih belum matang Kemampuan mengatur pembuangan sisa metabolisme dan air masih belum sempurna sehingga mudah terjadi oedema 6.

Pemberian ASI pada Bayi Lahir Kurang Bulan

Pada ibu hamil yang menderita anemia berat dapat meningkatkan resiko morbiditas maupun mortalitas ibu dan bayi, kemungkinan melahirkan bayi BBLR dan premature juga lebih besar.

Pemberian nutrisi enteral lebih memiliki keuntungan dibandingkan nutrisi parenteral, di antaranya yaitu mempertahankan integritas mukosa saluran cerna dan menurunkan kejadian sepsis akibat translokasi bakteri.

Selain itu bayi berat lahir rendah dapat mengalami gangguan mental dan fisik serta tumbuh kembang. Factors influencing body composition of premature infants at term-adjusted age. Pengaruh jenis kelamin terhadap kejadian BBLR Perbedaan jenis kelamin ikut berperan pada berat badan lahir.

Pengaruh umur kehamilan terhadap risiko kejadian BBLR Untuk mengetahui umur kehamilan dengan mengetahui hari pertama haid terakhir HPHTsedangkan secara klinik umur kehamilan dapat diketahui dengan mengukur berat lahir, panjang badan, lingkaran kepala.

Pencegahan Infeksi Infeksi adalah masuknya bibit penyakit atau kuman kedalam tubuh, khususnya mikroba. Terhambatnya jalan napas akan menimbulkan asfiksia, hipoksia dan akhirnya kematian. Sudirman H.

Menilai kecukupan pemberian ASI bayi prematur Uji pengukuran berat weighing test sering digunakan untuk memperkirakan asupan susu bayi yang mendapat ASI. Infeksi terutama disebabkan oleh infeksi nosokomial. Alat ini berguna untuk mengurangi kehilangan panas karena radiasi. Perkembangan bayi dengan BBLR yang dirawat di RS ini sangat tergantung pada ketepatan tindakan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.

IDAI PERAWATAN BBLR

Kelompok BBLR ini sering mendapatkan penyulit atau komplikasi akibat kurang matangnya organ karena masa gestasi yang kurang prematur. Jurnal Gizi dan Pangan ;2 2: Ketersediaan enzim pencernaan baik untuk karbohidrat, protein, maupun lemak sangat berkaitan dengan masa gestasi.

New York: Selain itu dengan pendidikan dan informasi cukup yang dimiliki ibu diharapkan pelaksanaan Keluarga Berencana dapat berhasil sehingga dapat membatasi jumlah anak, menjarangkan kehamilan, dan dapat menunda kehamilan jika menikah pada usia muda. Kekurangan gizi juga dapat menimbulkan keguguran, abortus, bayi lahir mati, kematian neonatal, anemia pada bayi, asfiksia intra partum mati dalam kandungandan lahir dengan berat badan lahir rendah BBLR.

Jahari AB. Kulit sangat mudah mengalami eksoriasi dan terkelupas; harus diperhatikan jangan sampai merusak struktur yang halus tersebut.Menurut Maryunani dkk, () adapun tanda dan gejala yang terdapat pada bayi dengan bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah: a.

Berat badan. Materi tentang jadwal imunisasi bayi prematur dan BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) ini adalah materi yang dikutip dari sumber lain, untuk itu kami tidak menghilangkan daftar pustaka tulisan agar pembaca dapat menelusuri kebenaran informasi tulisan ini.

Berat badan lahir rendah (BBLR) dengan kejadian stunting pada anak usia bulan Background: Stunting is one of the main problems of malnutrition often found in under-five children. The impacts include a delay in child’s growth, low endurance, lack of intelligence and ancientmarinerslooe.com: Darwin Nasution, Detty Siti Nurdiati, Emy Huriyati.

Istilah prematuritas telah diganti dengan berat badan lahir rendah (BBLR) karena terdapat dua bentuk penyebab kelahiran bayi dengan berat badan kurang dari gr, yaitu karena umur hamil kurang dari 37 minggu, berat badan lebih rendah dari semestinya, sekalipun.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA Bayi Berat Lahir Rendah (B BLR) Bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram tanpa memandang usia gestasi.

Jika bayi lahir dengan usia kehamilan ibu kurang dari 32 minggu (berat badan gram), bayi belum memiliki refleks hisap dan menelan yang baik, maka ASI perah diberikan dengan menggunakan pipa lambung/orogastrik (sonde).

Berat badan lahir rendah idai pdf
Rated 3/5 based on 96 review